Thursday, May 17, 2018

BUCHERER CHRONOGRAPH V7733

Bucherer adalah salah satu brand arloji INDEPENDENT TERTUA dari Swiss, sudah dijalankan oleh Bucherer family selama 3 generasi. Bucherer adalah salah satu contoh kesuksesan menjalankan bisnis selama seabad.
Awal berdirinya Bucherer merupakan sebuah produsen serta retail untuk perhiasan dan arloji luxury. mereka berdiri sejak 1888 dan sejak tahun 1919 sudah mulai membuat arloji. 
Bucherer membuat sebuah terobosan pada saat itu dengan mengaplikasikan watch strap pertama kali pada tahun itu. 
Secara hukum, Bucherer dinyatakan mempunyai status dedicated Manufacture, hal ini membuktikan bahwa bucherer adalah watchmaker bukan sebatas retail shop. (WUS, whatwhatwhat)
Pada tahun 1924, Bucherer membuat kerjasama dengan Hans Wilsdorf, yang merupakan pendiri brand ternama Rolex, untuk menjual arloji yang kurang begitu terkenal (pada saat itu), di jaringan Bucherer. Sampai sekarang, Bucherer dan Rolex masih menjalin kerjasama yang begitu kuat.
Pada tahun 1968 sampai 1976 Bucherer merupakan produsen jam chronometer terbesar ketiga setelah Rolex dan Omega. 
Konon Bucherer merupakan salah satu pemain besar dalam Swiss consorsium (gabungan) yang mengembangkan dan menemukan mesin jam quartz swiss, yaitu Beta 21.
Pada tahun 2006-07 Mereka adalah Top 10 produsen COSC Chronometer watch di seluruh dunia.
Setelah itu mereka mengakusisi perusahaan Téchniques Horlogères Appliquées di Sainte-Croix, Switzerland, dan menggunakan merk Carl F. Bucherer sebagai brand mereka, untuk mulai meriset, mengembangkan, dan memproduksi mesin in-house dan beberapa modul untuk tambahan fungsi. (Wikipedia)
Hasilnya adalah caliber CFB A1000 yang menurut saya merupakan pengembangan dari mesin gergaji pada jaman dahulu dimana memungkinkan automatic movement dengan ketebalan minimal. 
Jam ini adalah produksi Bucherer pada tahun 1970 dengan menggunakan mesin dari valjoux 7733. Meskipun mesinnya unsigned, dapat dilihat ada perbedaan dalam jumlah ruby/jewel yang digunakan. Pada jam Bucherer menggunakan jewel lebih banyak. 
Seperti kita tau ketangguhan mesin V7733 ini, jatuh pun juga masih kuat. Kondisi juga masih kinclong muyus kayak Kimberly Ryder. 
Desain case sangat menarik dengan bentuk agak kotak oval dengan bentuk lug segitiga. Desain case ini adalah desain yang popular digunakan pada jam chronograph masa itu. 
Bentuk lug yang relatif pendek mengharuskan penggunaan springbar yang melengkung. Syukurlah masih ada springbar asli bawaannya jadi gak perlu khawatir menggunakan jam ini.
Bentuk dial sangat menarik dengan index balok yang unik disertai dengan lume pada ujungnya. Lume pada index masih menyala walaupun ada sedikit jamur muncul di lume. 
Bentuk dial berwarna silver dengan finishing sunburst. subdial berwarna putih dengan garis yang menonjol di tepinya sehingga terlihat seperti mata. 
Logo Bucherer di sablon pada arah 12, pada arah 6 terdapat tulisan incabloc.
Jarum jam dan menit menggunakan baton hands dengan ujung lancip, disertai dengan lume yang masih menyala terang. 
Jarum second adalah blued hands membuat bagian ini sangat atraktif. untuk menjadikannya biru tidak dicat melainkan dipanaskan pada temperatur tertentu dalam waktu tertentu sampai muncul warna biru merata pada logam tersebut.
Jam ini akurat agak lambat 1 menit sehari, power reserve masih panjang 40 jam. mesin ini mempunyai kharakter bunyi mesin yang kering dan keras. 
Diameter jam ini 35mm x 38 mm tanpa crown. material menggunakan all steel. 
Masih disertai dengan strap kulit asli label Bucherer.


No comments:

Post a Comment