Monday, March 27, 2017

Review Vostok Amphibian Meranom SE 020677S

Melanjutkan Post sebelumnya, saya sudah berjanji untuk mereview jam ini. Silahkan Dibaca.

Kesan pertama begitu menggoda
Kesan pertama saat melihat jam ini adalah ukurannya yang lebih besar dari jam vostok lainnya. Walaupun tidak berbentuk tonneau, tetapi menambah diameter sebesar 1mm juga terlihat jelas bedanya. Kesan kedua setelah melihat besarnya, yaitu finishing jam ini yang memang tampil beda dibandingkan jam vostok amphibian standard. Sepertinya memang dibangun secara lebih exclusive. Kesan ini semakin kuat ketika melihat dial, baru kali ini saya melihat finishing ‘sunburst’ pada jam Vostok modern. Desain Bezelnya juga gak sembarangan. Jam saya pegang, dan saya putar sekeliling.  Bagian belakang mesin see-through glass, ok, bentuk knob yang detil dan 1-piece sangat bagus terutama ada engrave lambang Vostok. 



Desain case yang unik ini mempunyai diameter 41mm, lug to lug 48mm, dan jarak lug 20mm. Jika dilihat dari samping, maka ada kesan bentuk kurva dari ujung ke ujung lug yang mirip dengan jam Swiss diver. Bentuk ujung lug tajam dan melengkung ke dalam tengah case. Bentuk lug dari atas juga melengkung plain tidak ada lekukan seperti misalnya Titoni Seascoper, Seiko Sumo atau Omega diver 300m. Melihat kebelakang akan dijumpai caseback dengan kaca untuk melihat mesin. Mesin vostok cal 2416 lah yang sama dipakai di jam ini dimana kaliber ini sangat umum dipakai di jam line up standard. Sekarang rotor jam Vostok menggunakan finishing geneva stripe yang menambah nilai estetika. Dibandingkan dengan Vostok yang lama saya lebih menyukai yang sekarang ini.


 Caseback bertuliskan sesuatu yang saya betul-betul tidak paham kecuali ‘200m’  dan ‘Vostok’. Melihat samping bagian di knob saya juga suka karena knob akhirnya di emboss dengan lambang Vostok. Konstruksi knob pada amphibian lama adalah knob chrome yang diberi lembaran logam stainless steel. Knob di Vostok ini 1 piece construction, walaupun menggunakan standard konstruksi dalam knob yang sama dengan pakem Vostok. Ketika saya buka, saya berharap akan ada rasa longgar dalam jam ini. Ternyata, Vostok sudah memperbaiki beberapa hal di system ini, salah satunya adalah ketika mau memutar as untuk manual winding, grip dari internal gear di knob sangat bagus, dibandingkan dengan generasi sebelumnya.




Bezel di jam ini sudah menggunakan bezel yang terbuat dari material stainless steel. Selain itu bezel secara terpisah di jual oleh Vostok. Ukuran bezel sangat pas, hampir menyentuh lingkar luar case. Bentuk bezel landai dengan gerigi yang lebar dan tidak dalam membuat  bezel susah untuk diputar jika tangan menggunakan sarung atau glove. Desain bezel yang menggunakan  insert ini tidak lazim dijumpai di jam Vostok pada umumnya. Hanya pada vostok tahun 80-90 saja hanya warna hitam. Arah jam 12 ada lume dot yang bagus dan rapih. Saya tidak akan membongkar system lock bezel ini karena saya yakin hanya menggunakan kawat untuk mengunci ke case.

Kaca yg digunakan terbuat dari mika yang umum dijumpai di jam vostok lain mulai dari komandirskie sampai amphibian. Saya tidak mempunyai komplen khusus terhadap kaca. Mudah untuk lecet, mudah pula dimuluskan kembali.


Melihat kedalam kaca ada satu retainer ring yang berfungsi mengkencangkan kaca. Warnanya polos sesuai materialnya yaitu stainless steel. Di tengahnya ada dial yang cantik dan jarum Vostok berbentuk baton. Dial di jam ini di finish ‘sunburst’ membuat jam ini cantik jika terkena sinar dari satu arah. Efeknya itu  glittering. Index jam menggunakan desain baton dengan strip lume di tengah. Jika dilihat lihat seperti desain dial jam lain yaitu “Seiko Bellmatic 27 Jewels hitam”.  Logo Vostok pada dial di arah jam 12 menggunakan huruf latin tapi pengejaan Rusia “Boctok” diatas tulisan diberi garis yang nyambung dari B ke K. Di arah jam 6 ada tulisan ‘31 Jewels’, ‘Automatic’ dan ‘200 m’. Arah jam 3 baton index dihilangkan dan diganti dengan window date yang dilengkapi lis kotak. Jarum jam yang digunakan berbentuk baton dengan lume kotak di tengah dan cukup lebar. Desain jarum ini sangat simple dan menguatkan kesan Dressy, terutama jika lihat jarum detiknya.




Overall saya sangat suka dengan desain jam ini, selain bisa untuk selam selam, jam ini bisa dipakai di acara yang resmi dan tidak mengecewakan. Juga karena jam ini bisa sebagai conversation starter yang bagus. Selain populasi jam rusia terhitung jarang di Indonesia, desain jam ini juga eye-catching.

Kekurangan
Selain beberapa hal positif yang saya sebutkan diatas, tentunya gak akan lengkap jika tidak membahas kekurangan jam ini. Ada beberapa spot yang saya temukan agak miss atau kurang.
Jarum menit jika diperhatikan posisi tip/ujungnya offside atau melebihi index menit, yaitu garis tipis di sisi luar dial. Jadinya jarum menit malah menunjuk inner glass retainer dan bukan index menit.
Lume pada index jam tidak serapih yang dibayangkan. Dugaan saya lume di aplikasikan secara manual di index. Buktinya  ada satu lume arah jam 5 yang tidak rapih, agak kasar seperti pengerjaan terburu2.
Jika melihat ke jendela tanggal dari beberapa sisi, maka akan terlihat pula gigi gear roda tanggal. Selain itu tulisan tanggal di atas juga terlihat.  Menurut saya ini dikarenakan 2 hal. Pertama adalah jarak antara dial dan roda tanggal terlalu jauh sehingga ada celah untuk bisa melihat gigi gir roda tanggal. Yang kedua adalah  desain jendela yang terlalu lebar, terlihat dari bagian kosong di jendela tanggal cukup banyak porsinya sehingga tepi jendela dekat posisinya dengan gigi gir roda tanggal.
Silicon strap yang diberikan meranom atau bawaan dari meranom menurut saya tidak cocok dengan desain lug yang tajam seperti ini, lug yang tajam seperti ini cocoknya dengan tali yang tipis.
Caseback yang terlalu tinggi juga menjadi minus poin dari jam ini, jika memang caseback disesain untuk 200 meter apakah iya harus setinggi ini. Karena pada penggunaannya,jarak antara lug dan tangan cukup tinggi.

Improvement yang bisa dilakukan para pengguna jam ini adalah mengganti dengan tali karet/silicon yang lebih tipis. Sehingga lebih cocok dengan lugnya atau diganti dengan tali karet yang tahan air sehingga menguatkan kesan Dressy dan bisa digunakan menyelam. Untuk mengurangi tinggi dari jam ini, langkah yang bisa dilakukan adalah mengganti caseback dengan seri vostok lain yang tidak terlalu dalam. Salah satu contoh caseback ini adalah caseback Komandirskie. Dengan ini saya yakin penggunaan jam ini akan lebih nyaman. Improvement terakhir adalah melindungi jam ini dari goresan. Dengan mengaplikasikan cairan antigores yang biasanya untuk layar hape. Dengan itu semoga kondisi jam semakin lama, kondisinya tetap bagus walaupun dipakai harian. 










2 comments:

  1. mas, kalo bole tau keliling pergelangan tangannya berapa ya? lug tip to lug tipnya besar juga soalnya 48 mm tapi masih keliatan pas. tangan saya kecil soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. lengan saya 18cm, aslinya cocok untuk lengan kecil juga, wrist presence sedang. jadi terlihat besar kalau di lengan kecil

      Delete