Friday, March 10, 2017

Sejarah Tahun Awal perkembangan mesin Gergaji Citizen Jet movement

Fabrique d'Horlogerie de Fontainemelon

Di teknologi permesinan jam, pada tahun 50-an sedang gandrung pengembangan teknologi mesin jam dengan automatic winding. Perkembangan ini sampai pada tahun 60’s dengan teknologi yang bermacam macam. Rata-rata kekurangan auto-wind tahun 50-an adalah mesin yang tebal dan makan tembal sehingga membuat jam tidak ergonomis karena tebalnya. Salah satu perkembangan arloji automatic adalah microrotor.

Ada satu perusahaan arloji dari Swiss sana yang sedang mengembangkan satu  mesin dengan rotor yang lebih tipis. Nama perusahaan itu adalah Fabrique d'Horlogerie de Fontainemelon atau disingkat FHF. Mesin automatic dari FHF dinamai dengan Fontomatic, meskipun code caliber menggunakan singkatan FHF-XX.  Sejarah perusahaan ini dapat di traceback sejak pertama berdiri tahun 1793, pada perkembangannya, perusahaan ini membuat berbagai caliber mesin yang menjadi teknologi dasar dari semua arloji modern. Pada tahun 1985 perusahaan ini bergabung menjadi satu dengan perusahaan ETA. Sejarah tentang FHF dapat di baca di https://www.watch-wiki.net/index.php?title=Fabrique_d%27Horlogerie_de_Fontainemelon


Pada tahun 1960, FHF mengembangkan caliber FHF 65 yang menggunakan automatic winding yang menggunakan rotor yang lebih tipis. Pada rotor FHF 65, gigi berada di bagian dalam rotor, kemudian ada system planet gear yang dapat berpindah posisi mengikuti gerakan main rotor. Jadi ketika rotor bergerak counter clockwise, planet gear pindah ke kanan memutar gear A di dalam. Ketika rotor bergerak clockwise, planet gear bergerak ke kiri dan memutar gear B lawan gear A di dalam, sehingga arah putaran winding tetap satu arah.

ranfft FHF 65

Fitur mesin ini adalah sweep second, 18000 bph, dan menggunakan 21 jewels. Terdapat dua variasi dari mesin ini selain FHF 65, ada juga FHF 65-4 yang menambahkan fitur tanggal. Mesin jam caliber ini digunakan di Titus Titomatic Jetpower.

Citizen ‘In-House’ Movement
Teknologi ini dilirik oleh salah satu manufaktur Jepang yang besar pada saat itu. Citizen mulai memproduksi mesin dengan konfigurasi yang ‘mirip’ pada tahun 1961. Menurut sweep-hand, Citizen pertama memproduksi caliber 0310 untuk arloji Jet Automatic di tahun 1961. Arloji ini menggunakan mesin gergaji yang telah dikembangkan oleh Citizen. Jika dilihat bridge kedua mesin sangat berbeda, rotornya berbeda, namun pada prinsip kerjanya, kedua mesin ini sama. Tahun produksi lah yang membuat saya percaya bahwa Citizen mengembangkan mesin ini dari mesin Swiss. FHF tahun 1960, Citizen Jet 1961, beda satu tahun bos rilisnya.

Perbedaan yang dibuat oleh citizen adalah desain bridge yang menahan gear system auto-wind dibuat lebih compact, dan ada dua titik tempat rel rotor di mesin ini. Desain rotor Citizen pun berbeda, bandul pada mesin FHF berada di atas, sedangkan bandul Citizen dtempelkan di bawah gir bundar. Planet gear pada mesin Citizen erada di luar, sedangkan pada FHF planet gear ada di balik bridge. Menurut saya, basic mesin Citizen berbeda dengan basic mesin FHF, sehingga Citizen menata ulang posisi gear di system auto-wind dan otomatis mengganti desain bridge. Rotor pada mesin ini dirasa begitu rentan terhadap goncangan dan mudah lepas, karena itu Citizen menambah alur rel untuk rotor di tiga titik terpisah. Meskipun penggunaan jewel tiap caliber berbeda, namun prinsip dasar sama saja, hanya ditambah, atau dikurangi fiturnya.  Citizen jetrotor bekerja di 18000 bph.

ranfft Citizen 0310

Sepintas pada mesin gergaji citizen ini jika dlihat seperti sama, tetapi ada cara membedakannya, yaitu melihat jumlah sekrup. Pada mesin 41xx, mempunya 4 sekrup, sedangkan mesin sebelumnya (contoh 0310 & 11xx) punya 6 sekrup. Beberapa mesin dapat mengganti tanggal dengan system pompa, mesin awal awal mengganti tanggal dengan memutar jarum seprapatan alias bolak-balik 8 ke 12. Hampir semua mesin jetrotor ini mempunyai fitur manual winding, kecuali Citizen Jet Rookie lah yang tidak mempunyai fitur ini.

Citizen memutuskan untuk stop produksi mesin gergaji sekitar tahun 1965-7 dikarenakan mesin ini cenderung rewel terutama pada bagian auto-wind nya (rotor). Selain karena biaya produksi yang relative lebih mahal dibandingkan teknologi yang satunya. Dengan adanya kedua hal ini sehingga Citizen menilai mesin ini kurang baik dari segi ekonomi. Teknisi saya juga akan angkat tangan kalau bagian ini bermasalah. Lebih baik ganti satu modul.. dan saya pernah terjebak menemukan mesin gergaji yang modul auto-windnya di cangkok alias di ambil heheh alhasil jadi manual wind doang heheh

Tabel di bawah ini adalah daftar caliber mesin gergaji Citizen

Schematic rotor side

Contoh gambar


1.       Caliber 1120 Citizen Jet automatic (date)

2.       Caliber 113x Citizen Jet Rookie (date)

3.       Caliber 0340 Citizen Super Jet GP 80 micron (mechanism also gold plated)

4.       Caliber 1121 Citizen Jet Autodater (date) 35 Jewels

5.       Caliber 410x Citizen Autodater Day & Date 25 jewels

6.       Caliber 411x Citizen Autodater Day & Date 19 jewels

1.       Caliber 1120 Citizen Jet Autodater (date) 27 jewels


Baca lebih lanjut:


No comments:

Post a Comment