Sunday, September 3, 2017

Technos Sky Diver Quartz Esa 9362

Technos adalah brand kecil yang didirikan pertama padda tahun 1850. Di dunia jam vintage, ada beberapa jam dengan merk technos muncul. Rata-rata jamnya buatan tahun 40an sampai 80-an. Technos berjuang di era quartz crisis, tapi mereka bukan omega, yang strategi dan marketingnya lebih bagus. Jadi, Technos colaps dan muncul sebagai minor brand.


Technos Sky Diver ini menggunakan case yang dipopulerkan oleh Heuer tipe 844 atau 980. jam Heuer tipe tersebut hits ddan sangat terkenal. Sampai sekarang pun, harga jam Heuer tipe 844 dan 980 highly collectible. Case ini di produksi oleh perusahaan namanay M.R.P S.A., namun dikenal dengan Monnin case karena Heuer meng-sub-kan perakitan pada G. Monnin, sehingga ada label Monnin di dalamnya. Desainnya, dirancang oleh perancang case diver terkenal yaitu Breguet. Kode desain Breguet untuk case ini adalah 503 305. Nampaknya case ini adalah case setelah era case compressor, karena penggunaan kaca mineral, lain mika di compressor case. Bentuk desain oversize pada jamannya 42mm serasa pas ditangan saya. Salah satu fitur yang asik dibandingkan jam diver citizen saya adalah: Bezelnya mempunyai grainy finish, jadi kalau di gilapkan di lampu kliatan grainnya. Lugnya tebal jadi kesannya gagah dan kokoh. Meskipun begitu, kalau dilihat sepintas, lugnya kayak langsing padahal ngga. Saya berkeyakinan kuat bahwa case inilah yang menginspirasi Vostok untuk mendesain case Komandirskie. Desain casenya timeless. Ukurannya pas di tangan saya juga tidak mengganggu gerakan tangan. Kalau desain jam baru biasanya terlalu besar dan cenderung mengganggu gerakan tangan.

Mesin yang digunakan di jam Technos Sky Diver ini adalah ESA 9362 buatan swiss. Produksi mesin ESA 9362 ini dimulai dari 1977. Menggunakan batre 344 atau 1130 masuk. Mesin ini sangat umum digunakan pada era 1977 sampai 80-an. Menggunakan 7 jewels jadi ngirit jewels. High torque, bisa didengarkan suara klik klik, mirip dengan mesin 7546/8 Seiko.
Desain dial sebenarnya mirip dengan Rolex karena index pada dial segitiganya tipis. Lambang T ada di arah jam 12 dn dibawahnya tulisan Technos. Lalu dibawahnya lagi ada tulisan 200m untuk menggambarkan bahwa ini jam diver. Di arah jam 6 ada tulisan Quartz dan “Sky Diver”. Di bawah ada tulisan Swiss Made, padahal, hehehe bukan 100% Swiss kan. Index pada dial ini sudah aging dan patinanya sangat cantik, warnanya creamy gitu dan lumenya masih merata. Overall dial jam ini dieksekusi dengan baik, lumenya juga diaplikasikan dengan baik. Window datenya sangat biasa, hanya kotak gitu saja dengan lis garis putih mengelilingi jendela, tidak ada lumenya juga.  

Bentuk hands Sky Diver ini adalah bentuk yang unik. Desain jarum jam dan menitnya biasa saja, hanya baton hand dengan lume kotak. Yang membedakan adalah ajrum detik yang mempunyai bentuk yang tebal panjang dan di pangkal menggunakan ornament plang ‘verbodeen’. Bentuk jarum ini tidak ditemukan di jam manapun. Hanya pada Technoslah yang menggunakan desain jarum seperti ini. Sehingga membuat bentuk jarum ini eksklusif di Technos. Tentunya ini adalah sejauh pengamatan saya melihat desain jam diver vintage. Bukannya pada umumnya adalah jarum dengan bentuk lollipop?









No comments:

Post a Comment