Friday, March 2, 2018

CYMA WATCH SHORT POST



Merk cyma di dunia modern ini sangat jarang terdengar. karena memang dulu tidak dipasarkan di Asia tenggara, selain itu memang Cyma adalah brand kelas atas setara dengan omega dan beberapa mesinnya setara rolex kualitasnya.



Lalu siapakah Cyma watch ini? Adalah brand yang awalnya didirikan tahun 1862, pada tahun 1896 bergabung dengan perusahaan Henri Sandoz dengan nama Cyma Tavannes. Pada tahun ini didirikan pabrik Cymma di  La Chaux-de-Fonds dekat dengan Le locle, pusat pembuatan arloji jaman itu. Dimuli dari pabrik tersebut, Cyma mendevelop teknologi mesin sendiri. Diantaranya adalah sistem anti-shock yang berbeda dengan Incabloc, lalu ada mesin automatic yang di bangun sendiri oleh Cyma. Ciri khas mesin in-house Cyma ada di regulator balance yang unik. Cyma menggunakan in-house movement sampai pada pertengahan tahun 1964-6 ketika perusahaan tersebut diakusisi oleh Syncron Group. Syncron adalah group yang menaungi beberapa merek termasuk diantaranya Doxa dan Cyma. Setelah diakusisi Syncron, Cyma selalu menggunakan mesin ETA yang merupakan non in-house movement.

Memangnya jam Cyma layak untuk dikoleksi? Beberapa tipe Cyma sangat layak untuk dikoleksi terutama dengan mesin in-house. Sebagian besar jam Cyma yang dibuat pada tahun sebelum 1965 diproduksi dengan kualitas top dan desainnya begitu unik. Beberapa tipe tersebut adalah Cyma Tavannes (kebanyakan jam saku), lalu ada cymaflex, navystar, triplex, dan yang tk kalah penting adalah Cyma Dirty Dozen. Secara simpel, semua jam Cyma dengan mesin konfigurasi roda tumpuk patut dikoleksi.

Berdasarkan pantauan di lokal, tipe mesin roda tumpuk, Cyma dapat dibeli dengan range harga dibawah satu jutaan hingga 2jutaan. kalau beberapa tipe lain dapat dibeli dengan harga lebih dari itu.

No comments:

Post a Comment