Saturday, April 22, 2017

Citizen Super Jet 35 Jewels Case 80 micron

Citizen dengan grade Super adalah pencapaian Citizen yang tinggi pada tahun 60-70an. Mengenai grade Super ini pernah Chasylover jelaskan di post sebelumnya. Termasuk yang akan di review Chasylover pada kali ini adalah salah satu mesin Citizen yang terbaik. Citizen caliber ini sangat collectible dikarenakan masa produksi yang relative pendek dan dengan finishing yang top notch dengan penggunaan logam mulia sebagai pelapis mesin. Selain itu akurasinya di klaim “specially adjusted”.




Citizen yang Chasylover dapatkan kali ini adalah Citizen Super Jet Parashock dengan 35 jewels. Jumlah jewel tersebut menandakan mesin Super Jet ini adalah Citizen caliber 0340. Tentu mesin ini berbeda dengan mesin Super yang menggunakan 39 jewels. Beda 4 jewels, bedanya menurut Chasylover ada di mekanisme tanggal. Masa produksi jam ini adalah pada tahun 1963 bersamaan dengan mesin Super lainnya yang diproduksi juga padda tahun 1963. Informasi ini Chasylover dapatkan dari blog om Steven. Caliber ini berdetak di frekuensi 18000bph seperti mesin gergaji yang lain. Menurut Chasylover mesin ini masih satu keluarga dengan caliber 0310, 032x, dan sodara kembarnya 0341. Perbedaan 0340 dan 0341 tidak Chasylover ketahui, Ranfft pun tidak mengetahuinya. Fitur utama dari mesin ini adalah adanya tambahan 9 jewels yang diletakkan di ring rotor untuk membantu putaran rotor. Selain itu terdapat 3 jewel tambahan yang ditempatkan di dasar rotor, mungkin fungsinya untuk menyokong rotor supaya gerakan lebih smooth. Akurasi pada mesin ini sangat baik, hanya melenceng beberapa detik untuk 2 hari.


Case jam citizen ini cukup mencengangkan dengan menggunakan material bronze dan dilapisi emas 80 micron. Sebuah standard di atas standard lapis emas pada umumnya. Tentu saja tidak se prestis kalau all gold case. Dengan ketebalan 80 micron cukup membuat case ini sedikit mononjol diantara yang lainnya. Sebagai informasi bahwa Super Jet yang lainnya pada masa yang sama standard lapis emasnya adalah 100 micron. Jadi jenis yang ini masih dibawah sodara sodaranya. Meskipun begitu jam ini cukup berharga bukan?
Crown atau knob saya tidak yakin keasliannya karena sudah terkorosi dan kurang cantik. Kaca terbuat dari mika dome standard jam dahulu. All case part, caseback, dan bezel  (serta mika) adalah snap-on. Jadi untuk melepasnya membutuhkan pisau tumpul.  Kaca jam ini terbuat dari bahan plastic yang biasa kita kenal dengan plexiglass. Melihat dalam bagian kaca, ada dial yang cukup mulus. Namun, pada dial terdapat kotoran yang berwarna putih seperti kapur yang susah dibersihkan. Baru kali ini saya dapat dial yang seperti ini. Dial berbentuk cembung dengan finishing sunburst yang cantik. Index berbentu baton yang tebalnya sedang dengan potongan seperti permata. Di arah jam 12 terdapat lambang Jet, lalu ada tulisan Citizen Super Jet dengan tulisan sambung auat latin yang cantik. Pada arah jam 6 terdapat tulisan 35 jewels, parashock dan bintang tiga sebagai lambang Super Grade. Jarum berbentuk pedang dengan warna emas. Yang menarik adalah jarum detiknya. Bentuknya sekilas sama saja tertapi jika diperhatikan maka bentuk  di poros sangat bagus. Juga  bagian ekor jarum detik sangat tajam, pada ujungnya bentuknya melengkung ke arah dial.

Jam ini sangat cocok untuk orang yang sedang mencari jam Citizen Super Jet. Selain kondisi yang bagus, harganya pun menawan. 


SOLD













No comments:

Post a Comment